Untuk memantapkan posisinya sebagai pemain terkemuka di bisnis
telekomunikasi, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berencana
meluncurkan satelit Telkom-3 di tahun 2012. Satelit dengan harga senilai 170 juta dollar AS tersebut diproyeksikan sebagai pengganti satelit Telkom-2.
Direktur Keuangan Telkom Sudiro Asno berharap, keberadaan satelit
baru itu membantu Telkom mendapatkan pelanggan baru. Di pasar seluler,
jumlah pelanggan TLKM per akhir September 2010 bertambah 17 persen jika
dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 93 juta pelanggan. Sedang
penggguna internet tumbuh 56 persen year on year (yoy) dari 979.000
menjadi 1,5 juta pelanggan. Adapun pelanggan CDMA (Flexi) naik 13 persen
menjadi 16,8 juta pelanggan.
Saat ini, Telkom masih menguasai pangsa pasar telekomunikasi
domestik. Perinciannya, 99 persen pasar sambungan tetap (fixed line), 57
persen untuk fixed wireless, seluler 47 persen, serta layanan data dan
internet hingga 70 persen.
Share