Mantan Pesenam Juara Dunia Asal Cina Terpaksa Mengamen


Mantan pesenam juara dunia asal Cina terpaksa mengamen dengan tampil di jalanan di Beijing untuk mencari sesuap nasi. Bekas anggota tim nasional senam Cina, Zhang Shangwu, tampil di Wangfujing Metro Station untuk mendapatkan uang 30 yuan (Rp 40 ribu) per hari. Dalam upaya mencari uang dengan mengamen, Zhang harus pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menghindari penangkapan petugas keamanan.
“Saya tidak tahu pekerjaan lain selain senam. Saya hanya menggunakan bakat saya untuk mencari uang,” ujar Zhang. Ia juga mengaku harus membiayai pengobatan kakeknya yang kritis. Bekas atlet berusia 27 tahun tersebut bergulat melawan kemiskinan setelah pensiun sebagai atlet. Zhang dikirim ke sekolah olahraga amatir di Provinsi Hebei pada 1988 ketika masih berusia lima tahun.
Pada usia 12 tahun, Zhang terpilih masuk tim nasional senam Cina. Pada Summer Universiade 2001, Zhang menyabet medali emas. Bersama Xing Aowei dan Yang we, ia memenangkan medali emas. Ketika berlatih untuk Olimpiade 2004, Zhang mengalami cedera tendon sehingga harus mengakhiri karier profesionalnya setahun kemudian. Ia sempat bergabung dengan tim senam Provinsi Hebei sampai pensiun pada 2005. Zhang sempat dipenjara karena mencuri pada 2007. Setelah bebas dari penjara, Zhang bepergian ke berbagai tempat untuk tampil di jalan-jalan guna mencari sesuap nasi.
Premium Wordpress Themes Share

Labels