China akan Kirim Manusia ke Bulan, Mars dan Venus

China berkeinginan mengirimkan orang untuk menginjakan kakinya pertama kali di Bulan. Kemudian mereka juga ingin menjelajahi Mars dan Venus. Namun semua itu masih sebuah rencana.

Tahun ini, China merencanakan pengiriman roket yang akan membawa modul berukuran kereta mobil ke orbit dan membangun blok bangunan pertama untuk stasiun ruang angkasa China. Kemudian di tahun 2013 China juga akan merealisasikan niatnya untuk meluncurkan sebuah penyelidikan bulan yang akan menetapkan penjelajah lepas di Bulan. Mereka ingin menempatkan manusia China yang menginjakan kakinya pertama kali di bulan, yang akan direalisasikan pada tahun 2020.

Beberapa ahli cemas Amerika Serikat (AS) bisa menyelinap di belakang China dalam hal pengiriman manusia ke luar angkasa tersebut.
"Kepemimpinan di ruang angkasa merupakan simbol kemampuan nasional dan pengaruh internasional dan penurunan dalam kepemimpinan ruang angkasa akan dilihat sebagai simbol dari penurunan yang relatif dalam kekuasaan AS dan pengaruhnya," ujar Mantan asosiasi administrator NASA, Pace Scott, seperti dilansir Yahoo News, Selasa (12/7/2011).

Saat ini sebuah misi ulang-alik ruang angkasa AS akan menjadi event terakhir penjelajahan manusia ke luar angkasa. NASA akan mengakhiri program tersebut yang sudah berlangsung selama 30 tahun. Penutupan program ini ditandai dengan peluncuran Pesawat Atlantis milik NASA ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Untuk urusan penjelajahan ke luar angkasa China memang masih berada jauh di belakang AS. Tapi saat ini China membuat kemajuan yang berarti pada beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2006 saja mereka sudah melakukan penyelidikan ke bulan dan perjalanan keluar angkasa pertama kali dilakukan China pada tahun 2008.

"Salah satu keuntungan terbesar dari sistem mereka adalah adanya rencana lima tahun sehingga mereka dapat berkembang dengan baik ke depan. Mereka mengambil pendekatan step by step, meluangkan waktu mereka dan secara bertahap meningkatkan kemampuan mereka, serta menempatkan semua potongan untuk industri, ruang yang sangat mampu untuk maju,"cetus Peter Bond, konsultan editor untuk Space Systems Jane dan Industri.

Ahli Cina percaya pendaratan di bulan pada tahun 2025 akan terjadi di awal tahun. "Probe lunar adalah titik awal untuk eksplorasi ruang angkasa secara mendalam. Pertama kita harus melakukan pekerjaan yang baik untuk mengeksplorasi bulan dan bekerja di luar teknologi roket, transportasi dan deteksi yang kemudian dapat digunakan untuk eksplorasi di masa depan yaitu ke Mars atau Venus" kata Wu Weiren, chief designer Program penjelajah bulan China, dalam sebuah wawancara 2010 yang dipasang di situs badan antariksa nasional... Premium Wordpress Themes Share

Labels